Menulis Buku Cerita Digital

 

Resume Pertemuan  ke-            : 16

Gelombang                               : 29

Hari/Tanggal                            : Senin 3,1  Jui 2023

Nara sumber                            : Nur Dwi Yanti, M.Pd

Moderator                                 : Raliyanti,S.Pd

Tema                                         : Menulis Buku cerita digital


Pertemuan ke-16  senin malam  ,31 Juli 2023  tidak bisa saya ikuti langsung  karena  saya sudah  merasa lelah karena seharian berada di sekolah .Sesampai di rumah pekerjaan  rumah juga sudah menunggu. Saya hanya membaca  materi dari  file Pdf yang di berikan om Jay.

Pertemuan ke - 16 ini mengusung materi mengenai  Menulis buku cerita di era digital dengan nara sumber ibu Nur Dwi Yanti,M.Pd dan moderator  ibu Raliyanti ..Mohon maaf bu Nur saya tidak bisa mengikuti  langsung   yang diberikan ibu.

Sewaktu dulu  saya mengikuti Pelatihan kelas canva lanjutan kami juga pernah diberkan materi  untuk membuat  buku digital  yakni dengan menggunakan  aplikasi Heyzine .Tetapi  saya menggunakannya untuk menuliskan materi pelajaran bukan  buku cerita .dan ini adalah link buku  yang saya  buat  https://heyzine.com/flip-book/664be701fd.html#page/2.

Pada pertemuan kali  ibu Nur memperkenalkan  E.book sebagai aplikasi untuk membuat buku cerita .Dari aplikasi Pdf yang di berkan om  Jay saya mencoba mempelajarinya.

EBOOKE book adalah singkatan dari electronik book. Atau jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi buku elektronik. Ebook adalah sebuah buku panduan dalam versi digital, di mana buku tersebut dapat dibuka melalui perangkat elektronik. Contoh alat elektronik: komputer, gadget, hanphone dll. Nah, sebenarnya ebook sama saja dengan buku-buku biasanya. Hanya saja ebook tidak lagi menggunakan lembaran-lembaran kertas untuk menyusunnya menjadi satu buku yang utuh. Sebab, ebook disusun menggunakan teks atau gambar yang berupa digital.

Ebook berfungsi seperti buku-buku lainnya, di mana fungsi utamanya adalah sebagai media pembelajaran (untuk mencari ilmu dari ebook atau berbagi ilmu ke ebook).Dengan ebook hasil karya orang lain   yang sudah  ada  kita  bisa mendapatkan banyak sekali ilmu-ilmu 

Ebook tersebut bahkan ada yang dibagikan secara gratis dengan berbagai jenis ebook. Kita   juga bisa berbagi  ilmu  melalui ebook. dengan menjualnya atau membagikannya secara gratis di internet.

Ebook  sebagai buku digitak memilkikelebihan  dibandingkan dengan buku biasa diantaranya adalah :

1. untuk mendapatkannya lebih mudah dibanding mendapatkan buku biasa. Dengan duduk di depan komputer atau gadget secara online, dalam waktu yang tidak terlalu lama pun bisa mendapatkan ebook yang inginkan.  jadi kita tidak perlu susah payah pergike toko  buku .Sebab ebook bisa juga di download secara gratis di internet. 

Tetapi ada  ebook yang dijual, berarti  kita  harus melakukan proses pembayaran dan  dan untuk itu diperlukan  waktu ,tetapi  waktunya   tidak selama jika kita harus pergi ke toko buku .

2.Membuatnya buku pada ebookan  lebih mudah dan tidak perlu banyak biaya .Hanya  dengan menggunakan aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat ebook seperti :aplikasi pembuka pdf, dan lain-lain.

Ebook lebih mudah di buat  karena  pertama, kita  bisa membuatnya di mana berada (asalkan ada media seperti laptop dll). Kedua, Kita  bisa  mengeditnya kalau misalnya ada kesalahan ,kekurangan atau kelebihan dari penulisannya  hal .Ini tidak akan bisa dilakukan jika kita  telah mencetak buku biasa.

 Mengenai biaya,  membuat ebook jauh lebih hemat. Kita  hanya perlu komputer atau laptop,yang sudah  ada aplikasinya dan koneksi internet yang cukup. Ebook pun bisa digandakan sebanyak mungkin tanpa batasan, dan tanpa biaya lagi seperti kertas, tinta, dan lain-lain.

3. ebook bisa disimpan di dalam berbagai media penyimpanan seperti flashdisk, memory card, harddisk eksternal atau dengan menyimpannya di perangkat mobile seperti laptop dan gadget, sehingga  lebih  mudah membawa dan membacanya  dimanapun  kita berada.Juga tidak perlu lagi membuat ruangan khusus untuk menyimpan seperti kalau kita menyiimpan  buku-buku.

4. Ebook, tidak perlu perawatan  layaknya buku yang harus disimpan dan dijaga dari kerusakan. jadi tidak perlu Anda bersihkan setiap saat. Ebook tidak di makan rayap, tidak basah, tidak sobek dll. karena berbentuk digital.

Aplikasi yang digunakan untuk membuat  Ebook "

1. Format Pdf

2. Google docs

3. Mobi Pocket

4. ePUBee

Demikianlah materi  Menulis Buku Cerita Digital ,semoga peserta Kelas Belajar Menulis Nusantara  PGRI  bisa memanfaatkan ilmu ini antuk  menuliskan hal-hal yang bermanfaat  yang bisa menginsfirasi khalayak  ramai   untuk bersama-sama membangun bangsa dan negara. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Kaidah Pantun

Belajar Mengirim Tulisan ke Majalah Suara Guru

Teknik Menulis Resume