Menulis Setiap Hari




Resume Pertemuan  ke-1

Hari/Tanggal :  Senin,19 Juni 2023

Nara sumber : DR.Wijaya Kusumah M.Pd

Moderator     : Raliyanti

Tema             ; Menulis setiap hari


Beberapa hari ini kami masih di sibukkan dengan penulisan e-raport,sehingga  belum sepenuhnya dapat mengikuti KBMN  dan baru  dapat menuliskan resumenya  setelah sudah lewat berhari-hari.

Pertemuan  Pertama KBMN  gelombang 29  berlangsung  pada hari senin ,19 juni 2023.Dengan  nara sumber  DR.Wijaya Kusumah M.Pd atau biasa di sapa om Jay  dan di pandu oleh moderator   ibu Raliyanti .

Dr. Wijaya Kusumah, S.Pd, M.Pd ,  Lahir di Jakarta, 28 Oktober 1972. Menyelesaikan pendidikan S1 di IKIP Jakarta pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektro (1990-1994). Telah menyelesaikan pendidikan S2 pada Program Studi Teknologi Pendidikan (TP) Pascasarjana UNJ (2007-2009) dan mulai tahun 2014 telah melanjutkan pendidikan ke S3 Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ. Dan sekarang  telah mendapatkan gelar doktor pendidikan tahun 2022. Judul Desertasi adalah Pengelolaan Blog Kolaboratif Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa.

Dr. Wijaya Kusumah, S.Pd, M.Pd, adalah Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs.

Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya.

Saya tertarik dengan motto  Om Jay  'Menulis dan membaca adalah kebutuhan sehari -hari ,oleh sebab  itu menulislah setiap hari seperti halnya dengan  makan dan minum .

Dengan menulis kita dapat  dengan leluasa menyampaikan  ide dan pikiran kita dalam tulisan ,tanpa harus berebut dengan orang lain untuk menyatakan pendapat,Kalau kita berbicara secara lisan   mungkin kita harus berbagi waktu untuk bicara  dengan orang lain, tidak mungkin kita bicara sendiri.

Tapi kesulitan yang terjadi  adalah bagaimana kita  mendapatkan ide dan menyampaikannya dengan bahasa tulisan,terutama bagi saya yang latar belakang  pendidikan matematika ,karena kami terbiasa  bicara dengan bahasa simbol dan  minus kosa kata,tetapi  hal itu tidak mengurangi semangat kami untuk mengikuti  Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI (KBMN PGRI) walaupun kemampuan saya untuk  menulis tidak  seberapa .

Sepertinya saya harus lebih peka untuk melihat segala sesuatu yang ada didepan saya untuk  dijadikan sebagai obyek tulisan ,dan harus bisa meluangkan waktu  serta berlatih menulis  setiap hari,seperti yang dikatakan Om Jay'Menulislah  tentang apapun yang ada di depan kita'.

Semoga dengan mengikuti KBMN ini kemampuan menulis  saya dapat di tingkatkan dan  bisa menjadi manfat bagi  diri pribadi saya maupun orang lain  serta bisa menjadi  warisan dan kenang-kenangan anak  cucu kelak di kemudian hari.

Sampai disini tulisan saya terhenti sampai   berakhirnya KBMN gelombang 29 dan sekarang sudah berlanjut sampai  gelombang 30  baru terjamah lagi.Saya  berusaha melanjutkan tulisan ini sambil mengintip pertemuan pertama  KBMN gelombang 30 ,Senin 16 September 2023.

Kadang saya  tergoda untuk menyalurkan hoby  yang  lainnya  seperti misalnya mancing , pekerjaan di sekolah juga menyita banyak waktu karena perubahan kurikulum sehingga saya harus membuat  materi baru  menyesuaikan dengan keadaan  di sekolah saya.

Jika banyak orang percaya bahwa menulis adalah keterampilan.maka saya bukanlah orang yang terampil  dalam menulis..Namun saya tetap berusaha menyediakan waktu untuk menulis walaupun  tidak   terlalu lihai dan lincah  dalam memainkan pena .

Jadi menulislah setiap hari dan lihatlah apa yang terjadi. Banyak keajaiban yang Omjay temukan seiring dengan konsisten menulis di blog. Baik blog pribadi maupun blog keroyokan. Baik blog gratis maupun berbayar. Semua itu akan mendapatkan penghargaan dari orang lain  yang akhirnya ikut menulis di blog. Oleh karena itu Omjay membuat Facebook group dengan nama komunitas sejuta guru ngeblog yang disingkat ksgn



 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Kaidah Pantun

Belajar Mengirim Tulisan ke Majalah Suara Guru

Teknik Menulis Resume