Blog Sebagai Media Dokumentasi dan Refleksi

 

Resume ke-                        : 28


Gelombang                        : 29


Hari/tanggal                     : Senin, 28 Agustus 2023


Tema                                 : Blog Sebagai Media Dokumentasi  dan Refleksi Diri


Narasumber                       : Bambang Purwanto, S. Kom., Gr.


Moderator                         : Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S. Pd.




Berkembangnya teknologi digitalisasi , menyebabkan banyak media yang bisa  kita pakai  untuk  beragam kebutuhan..Diantaranya  adalah Blog singkatan dari WeBlog yang merupakan  suatu jenis situs web yang menyerupai tulisan- tulisan pada halaman web. Biasanya digunakan untuk menulis beragam tema, promosi, dsbnya.

Bisakah blog digunakan sebagai hal lain. .Jawabnya BISA.
Pertemuan ke-28 Kelas Belajar Menulis  Nusantara PGRI  ,Senin malam  28 Agustus 2023 akan membahas materi dengan tema  memanfaatkan blog sebagai media dokumentasi, refleksi diri siswa. 
bersama Bapak Bambang Purwanto ,S.Kom .Gr  atau biasa di sapa dengan Mr Bams dan di pandu Oleh ibu Purbaniasita Kusumaning sedyo,S.Pd  sebagai moderator.

Kembali beberapa buah pantun  dari ibu Aripa menghiasi  awal  pertemuan  ke-28  ini

Membeli Jamu di pasar pagi
semangka dibeli sama mbak ersi
Pertemuan kita sebentar lagi
semoga kita terus berkreasi

Membeli Terasi di toko pak yogi
Agar- agar ditoko mbak susi
ayo pegiat Literasi melek teknologi
Agar tidak ketinggalan digitalisasi

Wah orang Muaro jambi suka berpantun yah! semoga  bisa memotivasi peserta  untuk mengikuti  akhir akhir pertemuan KBMN ini.

Selanjutnya ibu Sita  sebagai moderator membuka pertemuan dengan berdo'a menundukkan kepala sejenak mengharap Keridhaan  Allah semoga  pertemuana malam ini berjalan dengan lancar. dan berkah
kemudian menyampaikan susunan acara  peretemuan ke-28 yaitu :
1. Pembukaan
2. Pemaparan materi 
3. Tanya Jawab 
4. Penutup 

Ibu Sita juga mengingatkan    charger, kopi, teh, susu dan juga cemilan, supaya lebih mantap dalam menyimak materi malam ini  lalu memperkenalkan nara sumber Bambang Purwanto ,S.Kom .Gr  atau biasa di sapa dengan Mr Bams

Bambang Purwanto, S.Kom., Gr.( Mr Bams)  lahir di Bandung ,6 April 1974  .Pendidikan Terakhir : S1, STMIK AMIKBANDUNG. Jurusan Sistem Informasi, 2013 . Guru TIK / Informatika SMP Taruna Bakti Sekarang tinggal  di  Perumahan Lebakwangi Asri D4 No 26 RT 04 RW 13.Desa Lebakwangi Kecamatan Arjasari Kab. Bandung .

Hasil karya Mr. Bams yang  saat ini digunakan untuk siswa di SMP tempat Mr. Bams mengabdi. 
yaitu  hasil pemanfaatan Blog berjudul  Hasil Refleksi Diri .Kemudian ibu Sita memberikan contoh refleksi  diri siswa dari Mr. Bams .Dan saya tertarik untuk  belajar menggunakannya.

Ibu Sita mempersi;ahkan mr Bams untuk memulai materi dengan tema  memanfaatkan blog sebagai media dokumentasi, refleksi diri siswa.

Mr  Bams  menjelaskan perbedan materi ke-28 ini  dengan  materi-materi pada pertemuan  sebelumnya. Hal yang manarik  pada pertemuan ke-28 ini  membahas tentang penggunaan  blog untuk  membantu proses pembelajaran .Blog bisa diisi dengan materi yang kita ajarkan kepada siswa kita di kelas.

 Profesi guru yang kita emban ini adalah profesi utama yang sangat mulia.Hal ii membuat kita untuk   melakukan  hal yang terbaik untuk peserta didik kita .Termasuk untuk belajar di KBMN  ini untuk meningkatkan kualitas diri sebagai guru.

Website Mr Bams yang  sekarang penamrbams.id merupakan blog yang bernama bepenamrbams.wordpress.com.Tanggal 27 April 2020 dalam suasana Covid-19 maka lahirlah www.penamrbams.id. Menurut Mr Bams  beliau merasa  senang  bisa melahirkan sebuah website, walau harus bayar sekitar 800ribu,dan sekarang sudah 1juta per tahun biaya operasionalnya.

Hobi menulis memang sangat pas, bila memiliki blog atau website. Kita sangatlah leluasa mau menyimpan tulisan apapun, karena blog atau website milik sendiri. Bahkan penamrbams.id pernah membantu pelaksanaan Kelas Menulis sehingga banyak dikunjungi.

Mr Bams memberikan contoh penggunaan  website dalam proses pembelajaran 

 

Sebelah kanan ada ikon Informatika SMP  berupa  etalase bagi siswa yang  Mr Bams ajar dikelas.


Gambar diatas ini menunjukkan  daftar kelas yang merupakan amanah mengajar  bagi  Mr Bams di SMP Taruna Bakti.



Fasilitas Yayasan Taruna Bakti





Pada saat akhir pembelajaran setiap siswa diminta untuk menuliskan refleksi diri. Isi dari refleksi diri adalah perasaan siswa dan apa saja yang didapat dan dirasakan oleh siswa. Selain itu siswa bisa memberikan masukan kepada guru agar bisa tampil mengajar dan melayani siswa dengan baik.


Pertanyaan Refleksi Diri
Tuliskan dalam bentuk paragrap. Apa yang dipelajari hari ini? Silahkan dijelaskan. Materi apa yang masih menjadi kesulitan bagi kalian (harus dijelaskan kembali)? Bagaimana perasaan kamu saat belajar bersama Mr. Bams? Adakah masukan untuk  Mr. saat pembelajaran hari ini? Kalau ada jelaskan. Mohon jelaskan dengan kalimat lengkap tidak dalam bentuk jawaban sebuah pertanyaan.
Contoh : Hari ini saya ulangan bab 1. Sebelum ulangan Mr. Bams menjelaskan tujuan ulangan tidak hanya mendapatkan nilai, akan tetapi melatih kejujuran dan kepercayaan diri. Hari ini perasaan saya sangat senang belajar Mr. Bams karena sebelum dan selama ulangan berjalan dengan lancar. Masukannya kalau bisa ulangannya tidak esai semua.

Dengan menggunakan excel Mr Bams  Mengolah isian tersebut . Setiap siswa yang mengisi akan mendapatkan poin 10.Tahun ini 2023/2024 menjadi 15 poinnya.Refleksi diri  dibuat dengan  kesepakatan dengan siswa menjadi nilai Ulangan atau nilai tugas Poin bisa dikonversi ke Nilai. Nilai 
Refleksi diri ini mengakhiri pemaparan materi dari Mr Bams dan selanjutnya adalah  sesi tanya jawab 

Mengolah di excel tidaklah mudah. Bisa dibayangkan kalau  harus melakukan ini per minggu karena poin akan terus diakumulasi.
Contoh :
Kelas 7A punya siswa 5 orang. Anggap saja A, B, C, D dan E.

Minggu Pertama
A Mengisi P=15 N=100
B Tidak Mengisi P=0 N=0
C Mengisi P=15 N=100
D Mengisi P=15 N=100
E Mengisi P=15 N=100
Minggu Kedua
A Mengisi P=30 N=100
B Mengisi P=15 N=50
C Mengisi P=30 N=100
D Mengisi P=30 N=100
E Mengisi P=30 N=100

B Mengisi poin nya baru 15 Nilainya 50 dari mana ?
( 15 / (15 x 2) ) * 100
( Poin yang didapat / ( 15 x jumlah pertemuan) ) * 100

Keuntungan Refleksi diri

 Bagi Siswa
1. Disiplin melakukan pengisian secara rutin diakhir pembelajaran
2. Melatih praktik kemampuan menulis
3. Hasil tulisan bisa dibaca ulang
4. Bagi yang tidak hadir bisa mendapat gambaran proses kegiatan pembelajaran

Bagi Guru
1. Seberapa taat siswa menulis refleksi diri, sehingga siswa disiplin untuk menulis setiap minggunya
2. Mendapatkan masukan dari siswa tentang pembelajaran
3. Memberikan kesempatan siswa untuk berpendapat atau menyampakan perasaannya
4. Alat ukur kedisiplan

Contoh : Refleksi diri kelas 7A pada tanggal 21 Agustus 2023
  1. Hari ini saya belajar cara membuat folder/file. hari ini sangat seru karena saya mempelajari hal baru yang belum saya lakukan sebelumnya. saya senang bisa mempelajari hal baru ini. dan kita juga ada tugas tapi saya tidak mengerti mr bams ngomong apa karena tidak kedengeran.
  2. Refleksi Diri kelas 7A absen 22 pada tanggal 21 Agustus 2023Hari ini aku belajar bersama Mr.Bams. Aku diajarkan untuk membuat folder dan save file ke folder. Penjelasan Mr.Bams sangat mudah dimengerti. Mr.Bams sangat sabar saat mengajar kelas 7A yang ributnya seperti pasar malam. Pelajaran hari ini asik banget. Aku suka Informatika karna gurunya (Mr.Bams) yang supportive banget. Makasih buat Mr.Bams udah ngajar 7A.
Refleksi diri bisa dijadikan umpan balik kepada guru yang bisa direspon pada Kegiatan Belajar Mengajar berikutnya.
Yang menariknya dari tulisan yang dibuat anak-anak maka munculah empati. Lihat dan baca kalimat diakhirnya ada yang memberikan doa (tanpa diminta).Dengan demikian  kita bisa melahirkan murid yang punya hati mulia, untuk selalu mendoakan orang lain.

Ibu Sita   yang Kebetulan adalah  guru BK juga  tertarik sekali dengan karya Mr Bams,,demikian juga tentunya peserta KBMN yang sebagian besar adalah guru , Karya Mr  Bams  bisa dijadikan  referensi di sekolah . Terima kasih Mr Bams yang sudah  membagikan  ilmunya lewat KBMN ini.
Selanjutnya adalah sesi tanya jawab ,ada beberpa pertanyaan yang bisa saya  catat diantaranya 

Pertanyaan   mayarina.dr SMP N 1 Kisaran yang menyakan  apakah biaya  website dibayar secara pribadi atau  dari dana sekolah.
Jawab Mr Bams ,Biaya website diambil dari pendapatan sertifikasi, jadi tidak mengganggu keuangan pribadi. Selama kita yakin bahwa melakukan kebaikan untuk kemajuan pasti ada jalannya.

Pertanyaan ibu Ratih putri. Dari tanggerang.. yang menanyakan kendala dan kesulitan yang ditemui Mr Bams selama ini.

Jawaban Mr Bams ,Manusia diciptakan oleh Allah dengan luar biasa. Manusia diberikan kemampuan berpikir dan bertindak sesuai dengan pengalaman dan hasil belajar. Hidup ini harus memberikan yang terbaik. Banyak para motivator menyampaikan Kita bisa menjadi orang sukses, akan tetapi Mr. Bams sampaikan hari ini kita harus sukses, kenapa harus nanti, artinya apa? setiap kesempatan yang datang kepada kita harus diupayakan dengak aksi yang terbaik. 

Sama halnya hari ini Mr. Bams diberikan kesempatan berbagi dengan bapak ibu guru hebat, maka harus dilakukan dengan yang terbaik. 

Benarkah kita besok masih diberikan usia? Yakin?
Tidak ada jaminan apapun bahwa besok masih menjadi milik kita. Bila besok masih hadir untuk kita, artinya Tuhan masih memberikan kesempatan untuk melakukan yang terbaik (sukses).

Kendala selalu ada, misalnya jadi nambah kerjaan akan tetapi ada kepuasan tersediri. Saat dilakukan dengan senang maka akan selalu ada jalan. Rasakan bagaimana senangnya Allah mengurus kita semua
.
Demilianlah pertanyaan yang bisa saya catat pada pertemuan ke-28 ini .Dan untuk menutup pertemuan hari  ini moderator  meminta  Mr Bams untuk memberikan coling statement.

Mari Belajar Tiada Henti

Berbahagialah dan beruntunglah bagi kita semua yang dinyatakan memiliki profesi guru. Profesi yang sangat mulia untuk dijalankan dimana saja. Guru yang membuat anak-anak bisa belajardari tidak bisa menjadi bisa. Dari kurang menjadi cukup.

Tiba saatnya  akhir dari pertemuan ke -28 ,semoga ilmu   yang diberikan pada pertemuan ke-28 menjadi ilmu yang bermanfaat untuk kebaikan  dan kesejahteraan  bangsa dan negara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Kaidah Pantun

Belajar Mengirim Tulisan ke Majalah Suara Guru

Teknik Menulis Resume