Teknik Menulis Resume

 






Gelombang       : 29
Tanggal            : 23 juni 2023
Tema                : Teknik Menulis Resume
Nara Sumber   : Raliyanti ,S.Sos .S.Kom.M.Pd
Moderator       : Purbaniasita Kusumaning Sedyo,S.Pd

Pengalaman menulis  resume saya adalah ketika masih sekolah,Biasanya kalau guru berhalangan hadir kesekolah  atau ada kegiatan lain di luar KBM seperti  kegiatan keagamaan  dll,maka kami  di suruh  meresume materi  yang di sampaikan oleh guru atau nara sumber.
Resume yang  saya  buat  pada masa sekolah  dulu tidak menggunakan teknik tertentu  ,jadi hanya sekedar mencatat apa yang di sampaikan oleh guru.Nah !,Sekarang kita akan belajar teknik menulis resume  di dalam Kelas belajar Menulis Nusantara  (KBMN) dengan nara sumber  ibu Raliyanti ,S.Sos ,S.Kom.,M.Pd dan di pandu oleh moderator  Purbaniasita Kusumaning Sedyo,S.Pd. Yang mengawali pertemuan ke -3  ini dengan sebuah pantun dan  di balas oleh salah seorang peserta.

Bunda Raliyanti   mengawali paparannya  dengan memperkenalkan  diri,Beliau  adalah seorang guru Informatika  dan Kepala Perpustakaan di MAN 4 Jakarta yang telah menghasilkan 2 buku solo dan beberapa buku antologi,

Keikut sertaannya  di dalam KBMN ini diawali dengan mengikuti kegiatan pada gelombang 20.Kemudian diajak bergabung dengan Timsolid dari Om Jay  menjadi moderator dan flayer. Seiring perjalanan waktu diminta juga untuk mendesain cover buku, layout buku dan juga menjadi kurator dan editor.
Seperti sekarang ,Dalam setiap pertemuan kelas belajar menulis sebelumnya , peserta diminta untuk  membuat resume dan diposting di blog.Link postingannya dikirim ke link pengumpulan tugas dan dishare di grup KBMN.
Resume adalah ringkasan atau rangkuman dari sebuah karangan atau tulisan yang panjang.Dalam resume, kita hanya menuliskan kembali intisari atau pokok informasi tapi tidak menghilangkan detail atau bagian penting dari tulisan tersebut.

Sebagai guru, keterampilan dan pengetahuan  untuk meresume sangat di perlukan untuk membuat tulisan  berupa  materi  pelajaran yang ringkas namun  lengkap  untuk di sampaikan  kepada siswa ,Supaya  Kegiatan belajar bisa terlaksana sesuai waktu yang dialokasikan.
Disamping itu  materi yang ditulis sendiri oleh guru bisa menyesuaikan dengan kemampuan  anak didik ,Sehingga tujuan pembelajaran bisa  tercapai optimal

Hal -Hal yang harus  diperhatikan dalam membuat resume

Resume materi harus memuat informasi-informasi berikut:
1. Judul materi dan nama narasumber
2. Ringkasan singkat tentang tema utama materi
3. Bagian-bagian penting dari materi yang dipilih untuk disertakan dalam resume

Cara Menulis Resume dengan Benar:

1. Amati materi dari Narasumber dengan baik.
2. Modifikasi materi yang diberikan narasumber menjadi bahasa sendiri dengan kaidah penulisan yang baku.
3. Hindari copy paste seluruh materi narasumber
4. Kembangkan materi yang disampaikan narasumber dengan relevansi materi dari luar yang related.
5. Berikan kesimpulan di akhir penjabaran resume atau tepatnya sebelum kalimat penutup.
6. Yang terpenting dalam membuat resume adalah membuatnya dengan gaya bahasa sendiri, agar tulisan kita memiliki seni yang khas.

Hal penting dalam menulis resume
1. Tulis Resume dengan Paragraf Pendek-pendek. Karena, paragraf yang panjang cenderung membuat pembaca menjadi jenuh.
2. Tulis pernyataan narasumber dengan gaya Parafrashe, yaitu kalimat pengulangan yang
dikemas dengan gaya bahasa sendiri.

Bagaimana supaya kita bisa membuat resume dengan cepat di blog? Bunda Raliyanti mengambil trik  dari ibu maesaroh dan inilah trik  yang di sampaikan ala ibu Mae.


Selain itu ibu Raliyanti juga  menyarankan untuk menggunakan dua perangkat    dalam penulisan resume'

Menurut ibu Raliyanti supaya tulisan kita menarik minat pembaca maka kita harus memiliki karakter dalam menulis. Harus memiliki kekhasan dalam bahasa tulisan dan harus bisa  melakukan setting  pada pikiran  kita seperti  pada gambar berikut 


Modal kita untuk  menulis adalah  kepercayaan pada diri ,walaupun itu tidak mudah apalagi untuk penulis pemula seperti saya,kalau tidak memaksakan diri maka menyentuh komputerpun rasanya malas.

Untuk menjadi penulis handal,  menurut ibu Raliyanti kita harus memupuk mental baja dalam menulis dengan cara:

1. Tanamkan sikap percaya diri. Jangan merasa malu, karena tulisan yang kita anggap jelek akan menjadi luar biasa bagi mereka yang tidak pernah belajar menulis.

2. Siap dengan segala kritikan. Meskipun terkadang budaya memuji lebih banyak dari budaya mengkritik, namun pujian itu harus membuat kita semakin memperbaiki tulisan. 

4. Bangunlah tulisan di berbagai Blog.
Hal ini amat perlu karena terkadang orang akan bosan melihat penampilan kita yang itu2 saja. Ibarat memakai baju, tentu orang akan bosan jika baju yang kita pakai hanya warna hijau saja. Itulah sebabnya tulisan harus memiliki warna lain, salah satunya  tulisan kita pada blog lainnya.

Kalau ingin menjadikan  resume  sebagai buku ,Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Buat TOC/Daftar isi
2. Pilih resume yang akan dijadikan buku
3. Copas dab Pindahkan ke ms word.
4. Rapikan
5. Cari dan kirimkan penerbit 

Nah! itulah tadi paparan yang si sampaikan oleh ibu Raliyanti,Selanjutnya adalah sesi tanya jawab dan ada beberapa pertanyaan  dari peserta yang menarik perhatian saya  diantaranya adalah :
Pertanyaan dari Feriati, SMAN 1 Rembang, Pbg
1. Ketika buat resum, bolehkah ditambah dg pengalaman sendiri berkaitan dg materi ?
2. Penulis resum bolehkah menggunakan sudut pandang orang pertama? Menyebut saya.
Jawaban Ibu Raliyanti
1. Boleh. Saat ini cerita tentang pengalaman sendiri itu lebih diminati karena kalau triataumetode yang sudah baku bisa dijawab oleh AI
2. Boleh,menggunakan sudut pandang orang pertama.
Pertanyaan  dari ibu Asma dari Kalimantan Selatan
Bagaimana menciptakan krakter dalam tulisan kita?
Jawaban ibu Raliyanti
Prosesnya, silakan baca tulisan dari peserta-peserta  lain, kalau ada gaya tulisan yang berkenan di hati, ditiru saja. Ada yang lebih bagus lagi, ditiru saja.lama-lama nanti akan terbentuk karakter tulisan sendiri. Jadi jangan malas baca tulisan teman karena dari situlah kita belajar.

Demikian hasil resume saya pada pertemuan ke-3  , semoga teknik menulis resume  yang di sampaikan oleh ibu Raliyanti bisa dikuti oleh peserta KBMN  khususnya saya sendiri  semoga ilmunya bermanfaat bagi kebaikan dunia dan akherat.









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Kaidah Pantun

Belajar Mengirim Tulisan ke Majalah Suara Guru