Belajar Menulis Biografi

 

Pertemuan  ke -                :23   

Hari/Tanggal                     : Jum'at,18 Agustus 2023

Tema                                : Menulis Biografi

Nara  sumber                   : Lely Suryani,S.Pd.SD

Moderator                        : Gina  Dwi Septiani,S.Pd .M.Pd





Dunia mengenalimu dari tulisan tentang siapa kamu. 

Imam Ghazali pernah berkata, "Kalau kamu bukan anak raja dan bukan anak ulama besar, maka menulislah"

Kehebatan mereka dapat kita telusuri dari buku biografi 
Apa itu biografi? 

Biografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain.

Beberapa tokoh dunia,  diantaranya Nelson Mandela? Thomas Alfa Edison atau Mahatma Gandhi?Atau tokoh nasional legendaris Soekarno -Hatta, Kartini, atau BJ Habibie. Diantara  mereka mungkin adalah  orang yang telah termasuk salah satu tokoh yang menginspirasi dan menggerakkkan kita untuk berani melangkah dan menggoncang dunia. 

Bagaimana riwayat hidup dan perjuangan  mereka  dapat kita telusuri dari buku biografi  
Apakah itu biografi? bagaimana cara menulisnya? Tentu saja di perlukan teknik  dan langkah-langkah  yang tepat  untuk menuliskannya.

Bagaimana teknik yang mudah untuk menulis Biografi? mari  kita temukan jawabannya di  Kelas Belajar Menulis Nusantara  malam ini. jum'at,18 Agustus 2023 dengan nara sumber ibu  Lely Suryani,S.Pd.SD dan moderator  Gina  Dwi Septiani,S.Pd .M.Pd

Ibu Gina Dwi Septiani  sebagai Moderator membuka pertemuan  dengan  menanyakan kesiapan peserta untuk mengikuti materi.Kemudian mengajak berdo'a Agar pertemuan ke-23  ini diberi kelancaran dan kemudahan, 
Selesai berdoa dilanjutkan dengan menyampaikan susunan acara yaitu sebagai berikut :

1. Pembukaan
2. Paparan materi melalu chat WA grup
3. Tanya jawab
4. Penutup

Acara pembukaan dimulai dengan memperkenalkan  nara sumber  ibu  Lely Suryani,S.Pd.SD  lahir di Banjarnegara ,25 Juli 1972 adalah alumni KBMN gelombang 23 dan lulusan guru penggerak angkatan ke-5.Memiliki hobby menulis dengan mottonya menulislah didalam hati.

Sudah menulis  beberapa buku diantaranya buku  biografi dengan judul  50 tahun lebih dekat dengan Om Jay ( Biografi Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd ) dan buku Autobiografi dengan judul Perjalanan Menembus Langit Cinta dan Cita( Autobiografi Lely Suryani ).

Pada pertemuan  ke-23 ini, kita akan belajar tentang teknik dan strategi dalam menulis biografi yang baik dan benar. Biografi sendiri merupakan salah satu jenis tulisan yang menceritakan tentang kehidupan seseorang dari awal kelahirannya hingga akhir hayatnya. Tulisan ini memiliki nilai penting untuk memahami perjalanan hidup seseorang dan memberikan inspirasi bagi pembacanya.

Pengertian menulis biografi dan autobiografi
Biografi berasal dari Bahasa Yunani, bios yang berarti hidup dan grafien yang berarti Menulis biografi terjadi dari dua kata yaitu bio yang artinya hidup dan graf yang berarti tulisan. Apakah arti biografiadi tulisan hidup?
Menulis biografi bisa diartikan sebagai tulisan  tentang kisah hidup seseorang dari sudut pandang penulisnya yang mengamati dan menyampaikan informasi tentang kehidupan seseorang tersebut, termasuk latar belakang keluarga, karir, pencapaian, dan kejadian penting dalam hidupnya

Biografi biasanya disusun berdasarkan riset terhadap berbagai sumber seperti dokumen, wawancara dengan orang-orang yang mengenal subjek, serta sumber-sumber lainnya.

Sedangkan, menulis autobiografi bisa diartikan   tulisan tentang kisah perjuangan dan kerja keras dan kesuksesannya  dalam menempuh kehidupan serta latar belakang kehidupan  keluarga ,dan kejadian penting dalam hidup   penulisnya sendiri. Ini berarti bahwa penulis autobiografi adalah orang yang sedang menulis tentang kehidupan mereka sendiri.
 
Autobiografi  biasanya disusun berdasarkan memori dan pengalaman pribadi, serta mungkin juga referensi dari sumber lain.

 

Tujuan menulis biografi

1. Memperkenalkan sosok seseorang: yang memiliki pengaruh   dalam kehidupan . 
2. Menginspirasi dan memberikan motivasi:
Manfaat  dari menulis biografi adalah  menggugah hati  pembaca untuk  bisa meneladani  usaha dan pemikiran sesorang dalam menempuh kehidupan  sehingga bisa menjadi panutan bagi orang lain.Hal ini tentunya memerlukan   perjuangan dan kerja keras  serta pengorbanan sehingga  bisa  menjadi inspirasi   dan motivasi bagi pembaca 

3. Mengabadikan sejarah
Sejarah dan warisan seseorang dapat diabadikan dalam biografi , terutama jika orang tersebut memiliki pengaruh yang signifikan dalam sejarah atau budaya.

4. Memberikan perspektif:
Biografi juga dapat memberikan gambar tentang  keadaan suatu masa atau peristiwa tertentu dari sudut pandang orang yang terlibat dalam peristiwa tersebut.


Pada tulisannya di Melintas.id -  

Menurut WJ.S. Poerwadarminta dalam bukuKamus Umum Bahasa Indonesia, biografi berarti riwayat hidup sedangkan menurut KBBI daring  bahwa biografi adalah tulisan tentang seseorang yang ditulis oleh orang lain.

Manfaat  dari menulis biografi adalah  sebagai inspirasi  atau menggugah hati  pembaca untuk  bisa meneladani  usaha dan pemikiran dari awal pencapaian  sehingga bisa menjadi panutan bagi orang lain.Hal ini tentunya memerlukan   perjuangan dan kerja serta pengorbanan

Struktur isi dari Biografi

1. Orientasi.

Berisi tentang kisah yang memberikan informasi tentang latar belakang kisah/peristiwa, juga berkaitan dengan kapan, siapa, dimana dan bagaimana.

2. Peristiwa penting (important event, record of event)

Berisi tentang rangkaian  peristiwa  yang disusun secara urut sesuai waktu atau kronologisnya yang meliputi peristiwa-peristiwa penting sang tokoh.

3. Reorientasi

Berisi  kesimpulan dari peristiwa yang dialami oleh tokohnya. Namun, untuk struktur ini, sifatnya tidak wajib. Artinya, boleh digunakan atau boleh tidak digunakan pada penulisan biografi .

Cara menulis Biografi secara efektif

1. Memilih dan menetapkan  tokoh  yang akan ditulis riwayat hidupnya.

2. Meminta zin kepada tokoh  yang dimaksud dan/atau kepada keluarga dekatnya. untuk  memudahkan penulisan, juga untuk menghargai dan menjunjung tinggi nilai etika.

3. Mencari dan mengumpulkan  sumber data.

 Sumber data  yang dicari dan dikumpulkan harus benar-benar valid dan mengetahui perjalanan hidup tokoh secara lengkap dan pasti.

4. Segera menyusun tulisan.

Setelah  data terkumpul lengkap, segera susun tulisan berurutan sesuai waktu. Misalnya, dimulai dari masa kecil, kemudian masa sekolah hingga keberhasilan-keberhasilannya.

5. Komunikasi intensif

Agar hasil tulisan sesuai harapan dan kesepakatan, maka lakukanlah komunikasi secara terus menerus pada setiap bagian-bagiannya. Jadi, setiap bagian biografi  harus dipastikan mendapat persetujuan dari  tokoh atau keluarga dekatnya. Jika ada bagian yang tidak diperkenankan, penulis harus mengubah atau menghapusnya.

6. Finishing 

Pada kegiatan finishing, jika sebuah Biografisecara keseluruhan sudah selesai dan di-acc oleh tokohnya, maka selanjutnya adalah pembenahan dan melakukan pemeriksaan kembali keseluruhan  buku dari awal hingga akhir.

7. Cetak dalam bentuk  buku atau ebook.

Karena buku biografii bertujuan untuk memberikan motivasi dan inspirasi serta menyebarkan kebaikan-kebaikan  tokoh maka perlu adanya publikasi. Publikasi bisa berbentuk buku yang dicetak atau mengikuti perkembangan teknologi dalam bentuk ebook.

Menulis biografi tidak hanya menghendaki penulisnya pandai menulis, namun juga lihai membaca dan mumpuni dalam menyimak bacaan..Menganalisis dan mengiplementasikan ke dalam tulisan biografi.

Selanjutnya adalah sesi tanya jawab beberapa pertanyaan yang bisa saya catat diantaranya  :

Pertanyaan ibu  Endang Murni 

Apakah kriteria seseorang untuk disebut sebagai tokoh ?

Jawaban Ibu Lely :

Kriteria tokoh tergantung dari lingkungan yang menyebutnya..Jika dalam lingkup RT misalnya.. ya warga RT setempat yang mengetahuinya.

Selain itu.. kemampuan.. keberhasilan-keberhasilan seseorang pada bidang tertentu  yang bisa menjadi motivasi, inspirasi banyak orang...Misalnya dalam dunia blog... omJay @~Wijaya Kusumah  adalah tokoh central.

Ada lagi dengan tokoh pada sebuah  cerita.. ada tokoh utama.. ada tokoh figuran.. ada tokoh protagonis.. atau  tokoh antagonis

Tokoh pada penulisan biografi adalah tokoh nyata dengan fakta-fakta  yang mengelilinginya dan kisahnyapun adalah kisah nyata.

Pertanyaan dari bapak Ahmad Soleh dari Jakarta

Apa perbedaan biografi dan bionarasi??

Jawaban ibu Lely :

.biografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain..Sedangkan Bionarasi adalah sebuah kata yang dibentuk dari gabungan dua kata: Biodata dan Narasi. Dalam KBBI, biodata berarti riwayat hidup singkat, sedangkan narasi berarti kisah atau cerita. Artinya, bionarasi adalah sebuah biodata atau riwayat hidup seseorang yang kemudian dijadikan sebuah tulisan dalam bentuk narasi.

Jertanyaan  ibu Setiyowatik dari Bogor  : Adakah kendala yang dihadapi saat menulis biografi? Bagaimana cara kita menyikapi kendala-kendala tersebut.

Jawaban Ibu Lely : Setiap kegiatan pasti ada kendalanya., Tingkat  kesulitannya saja  mungkin yang berbeda Yang perlu diperhatikan, kendalanya dari sisi mana?..Kemudian hal yang dianggap kendala.. kita uraikan  dan selanjutnya mencari dan menetapkan  solusi yang tepat.. . Dan segera jsetelah itu melaksanakan   solusi tersebut..

Pertanyaan  ibu Iah Sutianah, dari Kab. Bandung  

  1. Kalau  menulis  tentang sesorang  yang meninggal ketika masa covid dengan menjelaskan siapakah Beliau dan sepak terjangnya kepada dunia pendidikan, apakah itu disebut biografi? 
  2. Bagaimana tahapan-tahapan menulis biografi?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Kaidah Pantun

Belajar Mengirim Tulisan ke Majalah Suara Guru

Teknik Menulis Resume